Resep Obat Herbal Untuk Penyakit Ternak, Kembung dan Cacingan

Posted by

Macam-macam Resep Obat Herbal Untuk Mengatasi Cacingan dan Kembung pada Ternak Sapi

Macam-macam jenis ternak seperti sapi, kambing, domba dan kelinci tidak terlepas dari bahaya serangan penyakit yang jenisnya juga beraneka macam. Beberapa penyakit sering menyerang ternak-ternak tersebut sehingga peternak perlu persiapan ekstra untuk mengatasinya.


Beberapa macam penyakit yang sering menyerang sapi maupun kambing dan juga kelinci adalah kembung atau bloat, caingan dan pincang yang sering terjadi pada sapi.

Pengobatan penyakit yang menyerang ternak bisa menggunakan obat pabrikan seperti antibiotik dan jenis lainnya. Untuk daerah tertentu yang jauh dari pusat penjualan obat hewan dan susah menghubungi petugas atau mantri hewan mungkin bisa menggunakan obat alami atau herbal sebagai sarana pertolongan pertamanya.

Berikut macam obat herbal alami yang bisa digunakan untuk mengobati ternak yang terserang cacingan, pincang dan juga kembung.

Ramuan Obat Herbal Sebagai Cara Untuk Mengobati Kembung:
Secara umum penyakit ternak yang berupa kembung disebabkan penimbunan gas dalam perut karena proses fermentasi berjalan cepat. Tanda-tanda ternak yang kembung ialah perut sebelah kiri menonjol, ternak sering kesakitan, denyut jantung lemah, selaput lender kebiruan, jika ternak jatuh akan susah bangun.
Untuk pengobatannya, dapat dipilih salah satu ramuan berikut:
  • Minyak nabati (minyak kelapa, minyak kedelai atau minyak sawit) dicampur air kelapa dan parutan jahe secukupnya, lalu diminumkan pada sapi.
  • Parutan jahe secukupnya dioleskan pada bagian perut yang menonjol
  • Bila kondisi sapi telah parah, harus diusahakan mengeluarkan gas secepatnya, caranya dengan memasukkan batang pelepas pepaya ke dalam anus sapi. 
Beberapa Jenis Obat/Tanaman Herbal Untuk Mengatasi Cacingan pada Sapi
Sebenarnya beberapa tanaman memiliki kemampuan untuk digunakan sebagai obat anti-cacing dan hal ini biasa dilakukan dalam tehnik beternak pada jaman dahulu. Beberapa jenis tanaman yang biasa diberikan oleh peternak dengan tujuan sebagai obat cacing adalah : pinus, jahe, biji labu, biji pinang, bawang putih, pepaya, bawang putih, jahe, beberapa jenis tanaman karet (contoh : Ficus religiosa) dan beberapa jenis tanaman yang memiliki kandungan tanin dengan konsentrasi yang tinggi.

Cara Mengobati Sapi Pincang Dengan Daun Sereh
Banyak penyebab sapi pincang, sapi sering pincang karena terperosok/terkilir. Apabila sapi pincang tidak sampai patah kaki maka bisa coba diobati dengan tanaman herbal. Sapi yang pincang dapat diobati dengan daun seseh. Caranya, seikat daun sereh ditumbuk sampai lembut lalu dibalutkan pada kaki. Agar tidak lepas, ikatlah ramuan ini dengan perban atau potongan kain.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Tips dan Cara Updated at: December 25, 2017

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.