Hubungan Antara Minum Kopi Dengan Olah Raga

Posted by

Bolehkah Meminum Secangkir Kopi Sebelum Berolahraga? Adakah Efek Negatif atau Manfaatnya?

Secangkir kopi adalah jenis minuman yang telah mendunia kepopulerannya. Ingat saja ada sebuah warung kopi yang bahkan bisa bertaraf internasional dan memiliki cabang di berbagai negara, padahal harga yang dijual per cangkirnya juga tergolong mahal untuk ukuran orang kebanyakan.

Minum kopi memang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dengan catatan tidak lebih dari 2 cangkir kopi hitam perhari.

Menurut studi terbaru, kopi bisa membuat orang lebih semangat olahraga serta mengurangi kalori lebih banyak dan cepat.

Hasil studi yang dimuat dalam Journal of Apploied Physiology menunjukkan, minum satu atau dua cangkir kopi bisa membuat sesi olahraga jadi lebih menyenangkan. Para peneliti merekrut 14 partisipan, mereka diminta berolahraga dengan menggunakan sepeda statis.

Percobaan pertama, partisipan diberi minuman berkafein yaitu secangkir kopi berukuran 8 ons atau empat cangkir teh, 90 menit sebelum olahraga. Percobaan lainnya, mereka diberi minuman yang tidak mengandung kafein sama sekali.

Saat berolahraga setelah minum kopi atau teh, para partisipan merasa lebih mudah mengayuhkan kakinya di sepeda statis, ketimbang saat mereka tidak diberikan minuman berkafein.

Hasilnya tidak sampai di situ, peneliti juga memeriksa pengaruh kafein terhadap kebiasaan makan mereka. Setelah minum kopi dan olahraga, siang harinya partisipan diberi makan sandwich yang bisa bebas mereka ambil sendiri di meja. Lalu asupan kalori partisipan dicek. Saat minum minuman berkafein sebelum olahraga, partisipan mengonsumsi 72 kalori lebih sedikit dibandingkan jika mereka tidak meminumnya.

Secara garis besar, kafein memang bisa membuat Anda lebih bersemangat dan olahraga pun jadi lebih menyenangkan. Kafein juga mencegah Anda makan berlebihan di siang hingga sore hari.

Namun perlu diingat, minuman kafein yang baik untuk dikonsumsi adalah kopi hitam atau teh. Tanpa tambahan gula maupun bahan-bahan lainnya seperti krim atau susu. Hindari terlalu sering meminum minuman kafein dalam kemasan karena biasanya mengandung banyak gula dan kalori.

Cara ini pun dipraktikkan oleh Melanie Putria, presenter yang juga seorang pelari Indonesia. Melanie mengaku, minum kopi hitam sebelum latihan lari jadi kebiasaannya setiap pagi.

"Aku biasanya makan roti gandum dengan selai kacang, dan minum kopi hitam sebelum lari," ujarnya.

Kopi hitam juga membantu pembakaran kalori lebih efektif saat berolahraga.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Tips dan Cara Updated at: July 02, 2018

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.