Sapi dan Kambing Kurang Nafsu Makan, Bagaimana Mengatasinya?

Posted by

Cara Agar Ternak Sapi dan Kambing Kembali Doyan Makan

Hilangnya atau berkurangnya nafsu makan pada ternak sapi maupun kambing dan domba bisa disebabkan oleh banyak faktor. Yang paling sering adalah ternak berkurang nafsu makannya karena terserang penyakit tertentu seperti diare, pnemonia ataupun berak darah dan penyakit lainnya.


Penyebab lain yang bisa menyebabkan kurangnya nafsu makan pada sapi dan kambing adalah jenis makanan atau pakan yang diberikan. Jenis pakan baik rumput maupun konsentrat tertentu memang kadang tidak disukai ternak, meskipun kadang juga hanya sebagian yang tidak suka sementara yang lainnya bahkan lahap memakannya.

Penyebab berikutnya kemungkinan karena stress sehingga ternak tidak mau makan. Stress bsia terjadi karena cuaca yang terlalu panas ataupun karena perlakuan kasar saat handling ternak.

Apapun penyebabnya, hilangnya nafsu makan pada sapi dan kambing harus secepatnya diatas agar bisa dicegah dengan segera timbulnya kerugian akibat performance produksi yang menurun.

Pengobatan untuk hilangnya nafsu makan ternak bisa menggunakan obat kimia seperti vitamin penambah nafsu makan atau obat lainnya dan dapat juga dengan menggunakan ramuan obat herbal.

Berikut contoh ramuan obat herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi hilangnya nafsu makan pada ternak kambing, sapi dan domba.


Cara Meningkatkan nafsu makan sapi, kambing/domba:
Jamu yang dapat dipilih untuk meningkatkan nafsu makan ternak besar ini ialah:
  • Daun talas 15 lembar dan garam dapur 15 sendok makan direbus 15 menit, daun yang sudah matang dijadikan pakan untuk seekor sapi.
  • Mentimun 2 buah, diparut lalu dicampur garam dapur, asam jawa, terasi dan air secukupnya. Ramuan ini adalah dosis untuk seekor sapi untuk sekali pemberian.


Cara Meningkatkan produktivitas susu pada ternak dengan ramuan herbal :
  • Daun papaya muda direbus selama 15 menit dan diberi garam dapur secukupnya, berikan sebagai pakan.
  • Sapi/kambing/domba diberi daun nangka segar.
Selamat mencoba resep obat herbal untuk meningkatkan selera makan ternak dan juga untuk meningkatkan produksi susu pada ternak perah anda. Semoga bermanfaat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Tips dan Cara Updated at: December 25, 2017

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.