Ulat Jerman VS Ulat Hongkong, Mana Lebih Unggul?

Posted by

Apa Keunggulan Dari Ulat Jerman Jika Dibandingkan Dengan Ulat Hongkong?

Ulat jerman mempunyai ukuran yang lebih besar daripada ulat hongkong. Ukuran ulat jerman hampir dua kalinya ulat hongkong tetapi kepopulerannya untuk pakan burung berkicau masih sangat kalah jika dibandingkan dengan ulat hongkong. Banyak para kicau mania alias penggemar burung berkicau yang belum tahu dan belum menggunakan ulat jerman untuk pakan burungnya. Padahal ulat jerman memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan ulat hongkong.
Ulat Jerman dikenal juga dengan Superworm atau Zophobas Mario. Ulat Jerman mempunyai kelangsungan hidup yang terdiri dari 4 tahap dinataranya: Telur – Larva (ulat) – Kepopompong – Kumbang.
Ulat Jerman Pakan Unggulan Burung Berkicau
Berikut beberapa keunggulan Ulat Jerman:
  • Ulat Jerman memiliki ukuran yang jauh lebih besar daripada ulat hongkong
  • Karena ukurannya yang lebih besar, maka nutrisi yang terkandung dalam ulat jerman juga lebih banyak daripada ulat hongkong
  • Ulat Jerman memiliki daya tahan yang lebih bagus terhadap penyakit daripada ulat Hongkong sehingga efeknya bagi burung berkicau adalah burung menjadi lebih tahan terhadap penyakit dengan kata lain daya tahan tubuh burung yang diberi Ulat Jerman lebih baik daripada yang diberi ulat hongkong.
  • Ulat Jerman tidak bersifat panas, yaitu tidak membuat burung menjadi over birahi atau panas seperti efek jika kita memberikan terlalu banyak  ulat hongkong pada burung.
  • Dibandingkan dengan Ulat Hongkong, maka kandungan khitin atau exoskeleton pada Ulat Jerman lebih sedikit sehingga lebih aman diberikan pada burung berkicau.
Tips Pemberian Pakan dengan Ulat Jerman:
  • Untuk burung berkicau yang berukuran kecil seperti burung prenjak atau ciblek, burung pleci maka pemberian ulat Jerman harus dipotong-potong dahulu.
  • Untuk pemberian ulat jerman pada burung berkicau ukuran besar seperti burung Pentet, Murai Batu atau Kacer maka Ulat Jerman bisa langsung diberikan tanpa perlu memotongnya terlebih dahulu.

Analisa Usaha Bisnis Ulat Jerman

Berikut ini beberapa cara ternak ulat jerman:
1. Dalam 1 buah kotak kumbang, terdapat sekitar 500 kumbang yang setiap setengah bulan atau setiap 15 hari kumbang-kumbang ini akan bertelur.
2. Kotak yang terdapat kumbang tersebut diletakkan di atas kotak kosong yang tidak terdapat kumbang sama sekali.
3. Tunggu hingga setengah bulan atau 15 hari lamanya kemudian kotak tersebut akan dipenuhi dengan telur ulat jerman. Setelah itu pindahkan kotak kumbang tersebut pindahkan atau letakkan ke kotak yang kosong lainnya. Dan lakukan hal it uterus menerus.
4. Kemudian kotak yang sudah terisi dengan telur ulat jerman akan diberi makanan dan minuman supaya ulat jerman tetap tumbuh dengan baik.
5. Setelah 3 bulan lamanya, telur kumbang tersebut berubah menjadi ulat jerman yang sudah dewasa serta siap untuk dipanen dan dijual.

Berikut ini gambaran bagaimana perhitungan atau estimasi keuntungan dalam membudidayakan ulat jerman yang perlu Anda ketahui:
1. Belilah 500 ekor kumbang untuk diisikan ke dalam satu kotak khusus beternak kumbang.
2. Untuk satu kotak kumbang, rata-rata bisa menghasilkan setidaknya atau sedikitnya 10 kilogram ulat jerman ketika saatnya panen.
3. Sudah Anda ketahui bahwa panen dilakukan setiap 15 hari sekali atau 1 bulan 2 kali panen.
4. Untuk satu kilonya dihargai 25.000 dan harga tersebut tidak pernah turun sejak tahun 2008 dan sebaliknya malah terus naik harga perkilo ulat jerman ini.
Jadi bisa diambil kesimpulan untuk menghitung pendapatan per bulan sebagaimana yang sudah dijelaskan berikut ini:
Jumlah Kotak x Hasil Panen (Kg) x 2 kali panen perbulan x Harga per Kilogram = Penghasilan Tiap Bulan.
Jika Anda memiliki 10 Kotak Kumbang maka :
10 x 10 x 2 x 25.000 = 5.000.000 / Bulan
Jika Anda memiliki 20 Kotak Kumbang maka :
10 x 10 x 2 x 25.000 = 10.000.000 / Bulan
Jika Anda memiliki 30 Kotak Kumbang maka :
10 x 10 x 2 x 25.000 = 15.000.000 / Bulan
Jika Anda memiliki 40 Kotak Kumbang maka :
10 x 10 x 2 x 25.000 = 20.000.000 / Bulan
Jika Anda memiliki 50 Kotak Kumbang maka :
10 x 10 x 2 x 25.000 = 25.000.000 / Bulan

Demikian keunggulan dan kelebihan Ulat Jerman dibandingkan dengan Ulat Hongkong serta tips sederhana cara pemberian pakan menggunakan ulat jerman mengikuti ukuran besar kecilnya burung berkicau. Semoga bermanfaat.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Tips dan Cara Updated at: March 12, 2019

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.