Tempat Wisata Alam di Jember dan Lumajang Yang Layak Dikunjungi

Posted by


Tempat Wisata di Jember dan Lumajang Jawa Timur Yang Mempesona dan Layak Untuk dijadikan tujuan berlibur. Berikut daftar beberapa tempat wisata yang bisa anda jadikan rujukan.



Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma), Pantai Terindah di Jember


Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma)
Pantai Tanjung Papuma, Jember

Pantai Papuma mempunyai pasir putih yang sangat indah dengan pepohonan rimbun yang ada di tepi pantai. Tempat wisata yang satu ini adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin melepaskan diri dari rutinitas dan kepenatan, sebuah tempat wisata yang menarik. Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 12.500 tiap orang.

Terdapat sebuah goa di sekitar pantai ini yang sering di kunjungi para wisatawan, yaitu goa lawa dengan kedalaman lebih kurang 30 meter. Para wisatawan dapat memasuki goa lawa jika air laut sedang surut. Menurut mitos masyarakat, goa lawa merupakan tempat bersemayam putri penguasa laut selatan. dan juga tempat bertapa Kyai Mataram.

Wisata Danau Terindah di Lumajang, Ranu Kumbolo
Ranu Kumbolo
Ranu Kumbolo, Lumajang-Jatim
Danau yang indah ini berada tepatnya di lereng gunung semeru, Danau ini merupakan tempat terakhir pengambilan air untuk para pendaki sebelum selanjutnya mereka meneruskan perjalanannya menuju maha meru.

Sebelum anda berhasil menaklukkan puncak Semeru, sebelumnya anda harus mengunjungi obyek wisata satu ini yaitu Danau Ranu Kumbolo. Danau ini berada di lereng Gunung Semeru, dan merupakan tempat pengambilan air yang terakhir sebelum para pendaki melanjutkan perjalanan menaklukkan puncak Semeru, karena setelah perjalanan melewati danau ini anda tidak akan menemukan lagi sumber mata air sampai puncak nantinya.

Selain tempat wisata di Lumajang di atas, ada lagi satu pantai yang terletak di Lumajang yaitu Pantai Bambang atau dalam Bahasa Jawanya Segoro Bambang. Pantai ini berada di Desa Bago, Kecamatan Pasirian, ya kurang lebih 24 km dari pusat kota Lumajang. Jika anda berada di pantai ini sebaiknya berhati-hati karena ombak di Pantai Bambang ini tergolong besar, mencapai 3 meter, seperti Pantai Parangtritis 

Wisata Pantai di Jember Pantai Puger

Pantai Puger Jember Jawa Timur

Pantai Puger Jember adalah salah satu tempat wisata di jember yang paling ramai di kunjungi, terutama segmen anak muda yang paling menyukai pantai ini untuk tempat hiburan yang menarik. Pantai Puger adalah tempat yang cocok bagi mereka yang hobi memancing. Di Pantai Puger terdapat tempat pelelangan ikan, di sini menjual ikan segar. Selain wisata yang di tawarkan Pantai Puger, terdapat juga Cagar Alam Puger Watangan yang lokasinya berada di sekitar kawasan Pantai Puger, dengan pesona sumber air kucurnya.



Pantai Watu Godeg
Wisata Pantai di Lumajang Pantai Watu Godeg, Lumajang Jatim
Tempat wisata ini terletak di desa Bulurejo, sekitar 8 km dari kecamatan Tempursari ke arah selatan atau berjarak sekitar 80 km dari pusat kota Lumajang. Pantai ini cukup unik untuk anda kunjungi karena pemandangan laut lepas yang indah dengan latar belakang bukit dan juga bebatuan besar. Uniknya lagi, ketika batu tersebut terkena hempasan ombak seolah-olah batu bergoyang seperti halnya kepala manusia geleng di mana dalam bahasa jawa disebut godeg. Maka tak heran jika kemudian pantai ini diberi nama dengan Pantai Godeg.

Pantai Bandealit Jember Jatim

Pantai Bandealit Jember

Di pantai Bandealita anda bisa melakukan beberapa aktivitas olahraga air, seperti body surfing. Anda bisa menyewa perlengkapan untuk body surfing yang telah disediakan pihak pengelola pantai.
Tersedia juga beberapa pilihan kegiatan lainnya, misal berkano, menyusuri sungai dengan menggunakn speedboot, ataupun melihat banyak burung yang hiup di kawasan tersebut.
Selain wisata pantainya, ada beberapa obyek wisata di kawasan ini, yaitu Green House, di sini anda dapat mlihat koleksi tanaman bunga anggrek, dan obyek wisata yang satunya lagi adalah tempat penangkaran rusa timor. 

Pantai Bambang, Lumajang


Pantai Bambang
Pantai Bambang, Lumajang-Jatim
Masyarakat sekitar menganggap Pantai Bambang adalah tempat di mana Nyi Roro Kidul berada, Ombak besar yang tiada henti semakin menambah kepercayaan mereka. Lepas dari mitos tersebut Pantai Bambang merupakan pantai yang sangat indah nan elok, oleh sebab itu pantai yang satu ini menjadi pilihan vaforit untuk di kunjungi di waktu liburan hari raya.





Pantai Watu Ulo, Jember Jawa Timur

Pantai Watu Ulo Jember


Lokasi Pantai Watu Ulo bersebelahan dengan Pantai Papuma. Lokasi kedua pantai ini sekitar 40 km dari kota Jember. Nama Watu Ulo sendiri diambil karena pantai ini terdapat susunan batu (watu) yang memanjang seperti ular (ulo). Batu - batu tersebut tersusun dari pesisir pantai hingga ke tengah laut.

Keindahan pantainya tak kalah menarik dengan pantai Papuma sebab lokasi yang berdekatan, di sekitar pantai Watu Ulo terdapat berbagai toko yang menawarkan aneka kerajinan yang bahan dasarnya diambil dari laut. Selain itu di pantai ini juga selalu diadakan acara Pekan Raya di setiap tahunya tepatnya pada tanggal 1-10 syawal.


Wisata Gunung Semeru

Wisata Gunung Semeru
Wisata paling terkenal di daerah Lumajang ini ya Gunung Semeru. Gunung Semeru berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang merupakan sebuah kawasan wisata yang terletak di antara 4 kabupaten yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo. Jadi bisa dikatakan Gunung Semeru ini dimiliki oleh keempat kabupaten tersebut. Bagi anda pecinta alam atau yang suka mendaki gunung, belum lengkap rasanya jika anda belum bisa menaklukkan puncak Semeru ini.


Wisata Agro, Taman Botani Jember

Taman Botani Jember


Taman Botani Jember dibangun dengan konsep wisata alam dan bertemakan pendidikan, Taman Botani Jember ini mencoba mengajak masyarakat dan wisatawan untuk lebih mencintai dan menjaga lingkungan. Taman ini berlokasi sekitar 11 Km dari arah barat alun - alun Jember. Disini anda akan menjumpai 300 jenis tanaman obat - obatan yang berbeda - beda di kebun herbal. Terdapat juga penangkaran hewan dengan berbagai spesies. Anda cukup membayar tiket masuk Taman Botani sebesar 5.000 rupiah.

Pemandian Kebon Agung

Pemandian Kebon Agung Jember


Pemandian Kebon Agung berlokasi di Kaliwates, Jember. Terdapat 2 buah kolam renang dengan sumber air yang alami dialirkan langsung dari mata air Watu Remuk. Tersedia kolam untuk dewasa dengan ukuran 50×20 m berstandar internasional. Tersedia juga berbagai fasilitas pendukung, sepertihotel, restoran, dan taman bermain.

Kawasan Puncak Rembangan, Jember Jawa Timur

Kawasan Puncak Rembangan Jember


Lokasinya berjarak lebih kurang 15 km arah utara kota Jember, terletak di ketinggian 650 m dpl. Kawasan wisata Rembangan menyajikan wisata pegunungan dan agrowisata. Puncak Rembangan juga mempunyai tempat pemandian dengan air alami yang terawat kebersihannya. Dari tempat ini anda bisa melihat Kota Jember dan sekitarnya. Wisata Rembnngan ini memiliki daya pikat yang hampir sama seperti yang ada di wisata Puncak Bogor.


Wisata Air Terjun di Jember, Air Terjun Tancak

Air Terjun Tancak Jember

Air terjun ini terletak di daerah perbukitan Tancak, lebih kurang 16 Km arah barat daya kota Jember. Dengan ketinggian sekitar 82 m dan debit air 150 Meter kubik/ detik. Untuk menuju Air Terjun Tancak anda harus menempuh perjalanan dengan lama waktu sekitar 30 menit dari pusat Kota Jember dan menuju Desa Suci, lokasi air terjun ini berada. Perjalanan menuju air terjun dilanjutkan berjalan kaki kira - kira sejauh 3 kilometer dari Desa Suci.


Taman Pemandian Selokambang

Taman Pemandian Selokambang




Selokambang, Lumajang-Jatim

Menurut para pendahulu, nama ini di ambil dari nama batu apung yang jika diartikan dalam bahasa jawa berarti selo kambang. pemandian ini sangat cocok untuk olahraga renang selain itu airnya di percaya bisa membatu menyembuhkan sakit rematik, yang percaya.


Goa Tetes, Wisata Goa Lumajang Jatim

Goa Tetes

Gua Tetes, Lumajang-Jatim
Medan yang cukup menantang menjadi sebuah ketertarikan sendiri, sementara jika kita sudah sampai, di sambut mulut-mulut goa yang meneteskan air nan segar..

Kebun Teh Gucialit Lumajang

Kebun Teh Gucialit Lumajang


Kebun Teh, Gucialit Lumajang-Jatim
Terlihat betapa indonesia banget Lumajang ketika kita melihat keindahannya dari puncak, pabrik teh peninggalan Belanda yang masih beroprasi dengan baik menambah keindahan dan keeksotikan tempat wisata ini. Keindahan kebun teh ini tidak kalah dengan perkebunan-perkebunan teh lain seperti di Jawa Barat dan Jawa Tengah seperti Perkebunan Teh Tambi di Wonosobo Jawa Tengah (akan ditampilkan dalam artikel terpisah).


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Tips dan Cara Updated at: September 25, 2015

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.