Manfaat Tersembunyi Dalam Pisang Hijau, Ambon dan Kepok Untuk Kesehatan

Posted by

MANFAAT PISANG HIJAU, PISANG AMBON DAN PISANG KEPOK

Pisang merupakan buah sumber karbohidrat. Berbeda dengan pisang yang sudah matang, pisang hijau mengandung karbohidrat yang lebih banyak, yaitu 70-80% pati. Pisang hijau juga merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang baik bagi tubuh sehingga dapat membantu mengontrol gula darah, menjaga berat bdan dan menurunkan kolesterol tubuh.

Berikut kandungan gizi yang terkandung dalam pisang hijau ukuran sedang (118 gram):

  • Potassium : 12% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Vitamin B6: 22% dari AKG
  • Vitamin C : 17% dari AKG
  • Magnesium : 8% dari AKG
  • Tembaga : 5% dari AKG
  • Mangan : 16% dari AKG
  • Karbohidrat : 27 gram
  • Serat : 3,1 gram
  • Pati : 6,3 gram
  • Protein : 1,3 gram
  • Lemak 0,4 gram

Buah pisang yang masih hijau kerap kita jumpai dijual di pasar-pasar tradisional. Pada umumnya, jika kita menjumpai buah pisang yang hijau maka kita akan makan menunggu sampai buahnya berwarna kuning tanda sudah masak. 

Akan tetapi tahukah anda bahwa ternyata mengonsumsi pisang hijau menyimpan banyak manfaat?

Pisang hijau kaya akan serat, vitamin dan mineral, serta zat tepung yang membantu mengontrol kadar gula dalam tubuh. Kendati makan pisang hijau terdengar aneh, namun dampaknya sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari laman Boldsky, inilah beberapa manfaat mengonsumsi pisang yang masih hijau:

Membantu Penyerapan Nutrisi

Jika anda memasukkan menu pisang hijau dalam pola diet, maka buah ini akan membantu meningkatkan kesehatan usus. Hal tersebut karena adanya kandungan lemak rantai pendek yang ada dalam pisang hijau. Penyerapan nutrisi, terutama kalsium, akan semakin baik.

Membantu Regulasi Aliran Darah

Pisang hijau kaya akan potasium yang merupakan mineral penting bagi tubuh. Potasium berperan sebagai vasodilator yakni menurunkan tekanan darah dan menyaring darah di pembuluh serta arteri. Oleh karena itu konsumsi pisang hijau mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Obat Pencernaan

Kandungan resistan zat tepung pada pisang hijau membawa dampak yang sehat bagi sistem pencernaan. Kandungan ini memiliki serat yang membantu mencegah kembung dan konstipasi jika dimakan dalam jumlah yang cukup.

Pisang Hijau Mengandung Bakteri Probiotik

Bakteri probiotik baik bagi kesehatan usus. Keberadaan bakteri probiotik dalam usus akan melancarkan sistem pencernaan serta membuat kondisi perut lebih sehat.

Obat Sakit Diare

Pisang hijau punya kemampuan untuk mengatasi penyakit diare dan mencret. Penyakit ini akan lenyap jika dilawan dengan pisang hijau.

Manfaat pisang ambon

Pisang ambon merupakan jenis pisang yang paling mudah ditemui di pasaran. Identik dengan warna kuning segar dan kulit manis, berikut manfaat pisang ambon untuk kesehatanmu.

1. Memberikan suntikan energi

Tahukah kamu bahwa pisang merupakan buah yang umum dikonsumsi oleh atlet? Sebab pisang mampu memberikan suntikan energi dengan menjadikan gula sebagai energi.

2. Menyediakan elektrolit

Jika kamu sedang menderita diare, konsumsilah pisang. Pisang kaya akan elektrolit yang mampu mengembalikan kehilangan elektrolit karena diare.

3. Bermanfaat sebagai antasida alami

Antasida alami sangat penting untuk mencegah sakit maag. Sehingga jika kamu menderita sakit maag, perbanyaklah mengonsumsi pisang.

4. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Pisang mengandung pektin, bahan alami yang memiliki manfaat luar biasa sebagai detoksifikasi tubuh.

5. Meningkatkan gairah seksual

Tidak banyak yang tahu bahwa makan pisang mampu meningkatkan gairah seksual. Sebab pisang mengandung enzim yang disebut dengan bromelain. Enzim ini membantu untuk meningkatkan gairah seksual dan kesuburan bagi pria.

 

2 of 5

Manfaat pisang kepok

Pisang
Ilustrasi buah pisang

Selain pisang ambon, ada pula pisang kepok yang banyak dimanfaatkan sebagai olahan makanan berbahan dasar pisang seperti pisang goreng, kolak pisang, hingga banana nugget yang sekarang sedang hits.

Inilah seikit penjelasan tentang manfaat pisang kepok bagi kesehatanmu.

6. Meringankan gejala PMS

Rasanya yang enak ternyata bisa membuat pisang berfungsi untuk meringankan stres dan mengurangi gejala PMS pada wanita.

7. Kaya antioksidan

Pisang kaya akan zat antioksidan sehingga dapat menghilangkan efek radikal bebas dalam tubuh. Hal ini juga berarti bahwa pisang mampu mencegah kanker.

8. Mengatasi depresi

Jika kamu sedang menderita stres dan depresi, cobalah untuk makan pisang. Pisang kaya akan mangan yang mampu merangsang pertumbuhan hormon baik di otak yang akan membuatmu merasa lebih baik.

9. Melindungi jantung

Penelitian kesehatan terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi pisang secara teratur bisa melindungi tubuh dari serangan jantung dan stroke. Sebab pisang rendah garam namun tinggi kalium sehingga dapat mengontrol tekanan darah dan membuat jantung jadi lebih sehat.

10. Meningkatkan metabolisme

Pisang mengandung mineral dan nutrisi penting yang dapat membantu mengoptimalkan metabolisme dengan menyediakan basis karbohidrat kompleks yang stabil untuk energi. Pisang kepok juga bisa mempercepat proses pembakaran kalori dalam tubuh dan dengan demikian meningkatkan metabolisme tubuh.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Tips dan Cara Updated at: September 24, 2019

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.