Macam-Macam Jenis Burung Kicau Lengkap Dengan Foto dan Harganya

Posted by

Macam-macam Jenis Burung Kicau Yang Beredar di Pasaran, Berapa Harganya?

Jenis burung kicauan yang saat ini sedang populer antara lain:

  • Burung lovebird
  • Murai Batu
  • Murai Medan
  • Anis Kembang
  • Cucak Ijo
  • Cucak Rowo
  • Kenari
  • dll
Sebenarnya masih banyak sekali jenis burung yang digemari oleh para kicaumania dan masing-masing daerah kadang memiliki persamaan trend tetapi sering juga berbeda trendnya. Saat jenis burung tertentu sedang booming dan sering diadakan perlombaan kicauan jenis burung tersebut maka jenis ini akan menjadi burung favorit yang harganya terus melambung, apalagi jika yang dijual adalah mantan burung juara atau burung yang sudah berkali-kali menjuarai lomba atau kontes burung.

Jenis yang saat ini sedang sangat populer adalah lovebird yang memiliki kisaran harga tertinggi hingga puluhan juta rupiah. Bahkan anakan lovebird jenis tertentu yang baru berumur beberapa minggu sudah bisa dijual dengan harga yang fantastis. Salah satu jenis lovebird yang memiliki harga tingga adalah jenis lovebird biola.

Sedangkan jenis burung kicau yang mulai tertinggal kepopulerannya adalah jenis burung kuno seperti perkutut. Meskipun saat ini masih ada lomba perkutut tetapi intensitasnya kurang banyak dan hanya disukai kalangan tertentu.
Jenis Burung Kicau dan Tips Merawat Burung Kicau. Contoh untuk tips kali ini adalah memelihara burung jalak hitam, apa makanannya, kelebihan dan kelemahannya. Peliharalah burung jalak hitam bersama dengan pasangannya dalam satu sangkar agar jalak hitam rajin berkicau. Burung jalak hitam biasa disebut dengan jalak kerbau, jalak kebo, jalak penyu. Burung kicau jalak hitam atau jalak kerbau ini hanya dipergunakan sebagai sarana burung Master untuk melatih suara burung kicau lain, agar kicauaanya lebih merdu dan agar burung lain rajin berkicau. Habitat burung jalak hitam ini biasanya berada didalam lubang pohon besar, dan sering kita jumpai bertengger diatas punggung kerbau di areal persawahan, karena burung jalak gemar memakan kutu dan parasit yang ada pada punggung kerbau.
Makanan Burung Jalak Hitam/ Kerbau. Jenis burung jalak hitam/kerbau senang memakanberbagai serangga, seperti Belalang, ulat, cacing tanah , jangkrik dan sebagainya. Selain itu suka memakan buah-buahan seperti pisang dan pepaya. Bagi yang sudah jinak, Burung jalak kerbau ini bisa diberikan voer.

Ciri-ciri Jalak Hitam/Kerbau
  • Kepala dan ekor berwarna abu-abu kehitaman
  • Sayap burung berwarna hitam dan beberapa helai bulu sayapnya berwarna putih
  • Kaki dan paruh berwarna kuning, lingkaran mata berwarna putih kekuningan.
Keunggulan Burung Jalak Hitam
  • Suka mandi, dan menirukan suara burung lain
  • Mampu menirukan suara manusia, walaupun tak sepandai suara ocehan burung beo yang mampu lebih banyak menirukan kosa kata bahasa manusia.
Kelemahan Jalak hitam
  • Warna kurang menarik
  • Kesehatan mudah drop dan mati
  • pengembangbiakan masih sulit dilakukan
Kisaran harga burung berkicau sangat tinggi rentangannya, mulai dari yang berharga cuma puluhan ribu rupiah hingga yang berharga jutaan rupiah. Apalagi harga untuk jenis burung berkicau langganan juara lomba harganya akan ditetapkan suka-suka kesepakatan antara pembeli dan penjual.

Berikut ini informasi harga berbagai macam jenis burung berkicau mulai yang termurah sampai yang termahal bisa dilihat dibawah ini:
Burung Kicau Jenis Burung Cucak Hijau

Burung cucak hijau memiliki kisaran harga burung Cucak Hijau antara Rp 750.000 - Rp 1.500.000
Merdunya Kicauan Burung Berkicau Jenis Murai Batu

Burung Kacer
Jenis burung Kacer memiliki kisaran harga antara Rp 500.000 - Rp 750.000





























CUCAK RANTING/RANTECUCAK RANTE MASCUCAK RAWA

CUCAK BIRUCUCAK TRUCUKANCUCAK JENGGOT

CUCAK KUTILANGKAPAS TEMBAKCUCAK KELING

CIPO DAUNCENDET / PENTET /TOEDCUCAK WILIS
Burung yang memiliki harga murah adalah burung Cendet, Kisaran Harga burung berkicau jenis cendet berkisar antara Rp 80.000 - Rp 150.000/ekor.
 
CUCAK CUNGKOK

Burung Kutilang Emas
Burung Kutilang Sutra

Kutilang adalah jenis burung kicau yang sangat mudah jinak dan "nurut" pada manusia. Burung kutilang berharga tidak terlalu mahal bahkan cenderung murah yaitu hanya berkisar puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah saja perekornya. Harga Burung Berkicau Jenis Kutilang berkisar antara Rp 50.000 - 150.000 per ekor, tergantung jenis burung kutilangnya.
Samyong





Jenis burung perenjak, hingga tulisan ini dibuat belum ada referensi kisaran harga jual dari pedagang burung, tetapi perkiraan harga burung prenjak termasuk harga bawah/murah.
PERENJAKPOKSAI MANDARINPOKSAI MANTEL
Burung Ciblek Kebun
Burung Ciblek Gunung
Burung berkicau yang berharga murah lainnya adalah burung ciblek. Harga Burung Jenis Ciblek Berkisar antara Rp 50.000 - Rp 150.000 per ekor
POKSAI SUMATERAPOKSAI JAMBULMOZAMBIK

Harga poksay yang bagus bisa mencapai jutaan rupiah. Harga Burung Berkicau Jenis Poksay untuk yang lokal Rp 350.000 an per ekor, sedangkan Poksay impor bisa mencapai Rp 2.500.000 per ekor.

Untuk jenis burung Blacktrhoat dan Edelsanger belum ada referensi harga kisaran yang beredar dipasaran.
BLACKTHROATEDEL SANGERKENARI YORKSHIRE

KENARI WATERSLAGERKENARI LIZARDZEBRA FINCH

Memang burung kenari impor sudah lama diketahui memiliki harga yang relatif mahal mencapai jutaan rupiah. Berbeda sekali dengan harga jenis burung kenari lokal yang berkisar ratusan ribu. Harga Burung Kenari berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 1 jutaan untuk yang jenis lokal, sedangkan kenari jenis impor antara Rp 2.000.000 sampai Rp 10.000.000 per ekornya.
DECUTLEDEKAN GUNUNG
TLEDEKAN LAUT

ANIS KEMBANGANIS BATAANIS MACAN
Harga burung berkicau jenis Anis merah sangat beragam dan tergantung dari kesukaan pembeli juga, harga berkisar antara Rp 600.000 - Rp 1.000.000 per ekor
ANIS SIBERIAANIS KUNINGANIS CENDANA

JALAK KEBOJALAK SURENJALAK PUTIH

JALAK HONGKONGJALAK NIASJALAK RIO - RIO
Jenis burung Jalak ada beberapa yang sudah masuk hewan dilindungi sehingga tidak bisa diperjualbelikan secara bebas. Burung Jalak langka yang berharga jutaan rupiah dan dilindungi karena populasi yang hampir punah jika akan diperjualbelikan harus memiliki surat atau sertifikat resmi bahwa burung tersebut berasal dari penangkaran dan bukan ditangkap dari alam liar. Harga burung jalak sangat tergantung dari jenis burungnya, untuk harga kisaran jenis burung jalak yang tidak dilindungi antara Rp 50.000 - Rp 800.000, sedangkan untuk harga Jalak Bali yang bersertifikat sekitar Rp 10 juta hingga 15 jutaan.
JALAK BALIPOKSAI HONGKONGHWAMEI / WAMBIE

BRANJANGANPLECI KACAMATABURUNG MADU BAKAU

Burung Pleci Kaca Mata
Cikrak Daun
Jenis burung ini masih mudah ditemui ditegalan dan dihutan-hutan dan dikenal juga dengan burung kaca mata. Harga burung berkicau jenis pleci memang tergolong murah karena burung pleci bisa anda beli pada kisaran harga Rp 25.000 - Rp 50.000 per ekor. Burung pleci ini dikenal memiliki badan yang kecil mungil.

Cica Kopi
LoveBird
Burung lambang cinta karena kesukaannya berdua-duaan dengan sesamanya atau dengan pasangannya. Burung jenis ini termasuk jenis burung yang mudah dikembangbiakkan dan banyak juga ditangkarkan dirumah-rumah pecinta burung sekaligus sebagai burung hiasan. Harga burung jenis Lovebird berkisar antara Rp 150.000 - Rp 850.000 per ekor
Disclaimer: 
"Harga-harga diatas adalah harga perkiraan atas harga normal dan bukan termasuk harga burung-burung juara kontes maupun burung-burung berkicau yang sudah benar-benar "jadi" dan gacor saat berkicau. Harga bisa berbeda diberbagai daerah dan bisa berubah sewaktu-waktu, tetapi semoga kisaran harga diatas bisa menjadi acuan untuk yang baru menggemari dunia burung berkicau. Semoga bermanfaat."


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Tips dan Cara Updated at: August 31, 2018

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.