Problem Sapi Pincang, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Posted by

Cara Mengobati dan Menangani Sapi Pincang Agar Tidak Bertambah Parah.

Sebagai ternak ruminansia yang tergolong dalam ternak ruminansia besar, sapi bisa mencapai bobot badan yang sangat berat pada umur tertentu. Pertambahan bobot badan sapi ini akan sangat bagus jika didukung dengan pakan dan manejemen yang bagus. Berat sapi yang sudah mencapai ukuran "monster" atau jumbo biasanya melebihi 1 ton.


Ada permasalahan klasik yang menjadi problem sapi-sapi bertubuh raksasa yaitu potensi untuk pincang bahkan sampai tidak bisa berdiri. Sebagian besar pincang pada sapi sering disebabkan oleh radang sendi kaki atau yang sering disebut artritis. Kaki yang pincang, sering dijumpai pada sapi penggemukan dengan lantai beton atau lantai yang disemen.

Perlu dicatat bahwa secara umum terdapat dua penyebab utama terjadinya artritis yaitu berat tubuh dan kerasnya lantai. Semakin berat tubuh maka akan semakin besar resiko sapi terkena artritis, demikian juga dengan semakin kerasnya lantai maka semakin besar pula sapi terkena pincang karena artritis. Disamping itu, pincang pada sapi akan bertambah parah jika terjadi adanya infeksi bakteri.

Pencegahan Sapi Pincang Dengan Jalan Mendiagnosa Pincang Pada Sapi

Cara mudah untuk mengetahui kepincangan pada sapi adalah dengan cara membawa atau menuntun sapi berjalan, baik jalan maju atau memutar ke kanan atau ke kiri. Selain itu cara berdiri kaki yang pincang tidak akan ditumpukan di lantai dalam waktu yang lama dan cenderung selalu diangkat, hal ini dikarenakan sapi merasa sakit pada kaki yang pincang tersebut.

Cara Mengatasi Sapi Pincang:

  • Meletakkan sapi di tempat yang berlantai empuk, bisa di tanah, menggunakan alas papan kayu, karpet sapi atau mengunakan alas yang empuk lainnya.
  • Gunakan antibiotik jenis penstrep, viatmin B-komplek dan dexametason sebagai obat anti radang. 
Gabungan 2 cara tersebut harus dilakukan secara bersamaan sehingga pengobatan sapi pincang akan lebih efektif.

Untuk mencegah sapi pincang karena kurang kuatnya tulang kaki sapi menyangga berat tubuhnya maka perlu diperhatikan dengan cermat kandungan atau suplemen mineral yang diberikan pada sapi terutama kalsium apakah jumlah mencukupi atau tidak. Karena kondisi tulang yang kurang keras dan kuat akibat kekurangan kalsium sangat berpotensi membuat sapi dengan bobot lebih dari 1 ton bisa susah bangun dan pincang.

Semoga bermanfaat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Tips dan Cara Updated at: December 25, 2017

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.